Wednesday, June 21, 2017

My DIY BB Cushion, Fit For Oily Skin

Hallo!

Hari ini saya mau berbagi pengalaman pertama saya membuat DIY BB Cushion. Sebenarnya masih bingung sih apakah yang saya buat ini tergolong BB, CC, DD, atau foundation? Hahaha. Coba di nilai ya apakah DIY cushion makeup saya ini tergolong yang mana :)


Asal mula mengapa saya memutuskan untuk membuat DIY cushion adalah karena dari banyak produk makeup dasar yang saya punya jarang dipakai karena ada yang warnanya terlalu gelap, terlalu terang, coveragenya bagus tapi keliatan berat kalau dipakai sehari-hari, ada yang baru saya colek sekali, dan utamanya karena cushion saya yang jadi andalan sebelumnya sudah mau habis. Karena cukup menyenangkan dandan dengan menggunakan cushion yang benar-benar irit waktu jadi saya memutuskan untuk membuat saja. Karena kalau beli lagi mahal :p sedangkan di rumah masih ada foundation, bb cream, cc cream, dan luminizer yang lagi jarang dipakai. Kenapa ga saya coba campur dengan bahan-bahan tersebut?

Pada formula cushion yang pertama saya buat ini saya menaruh L'Oreal Infallible Liquid Foundation sebagai bahan utamanya. Kenapa? Karena saya suka dengan coverage, dan daya tahannya tapi sayang warnanya lebih gelap dari kulit saya dan terasa terlalu tebal bila dipakai sehari-hari. Jadi, saya ingin membuat foundation dengan versi 'lebih baik' yang bisa dipakai sehari-hari.

Selain L'Oreal Infallible Liquid Foundation 235 Honey, saya juga menggunakan;
Saya membuat campuran dengan perbandingan antara L'Oreal Infallible Liquid Foundation : A'pieu Base Maker Glow : Etude House Precious Mineral BB Cream Matte : TFCS Dinoplatz CC Cream 
1 : 1/2 : 5/6 : 2/3
Hasilnya? Alhamdulillah, sesuai dengan dengan apa yang saya inginkan, yaitu coveragenya bagus, daya tahannya oke, oil control  oke, warnanya lebih pas di kulit saya, teksturnya lebih ringan di kulit, dan membuat kulit sedikit berkilau namun tak berlebih.


Untuk daya tahan di bagian T memang lebih cepat dibandingkan bagian lainnya, namun dapat bertahan menempel dengan baik walau tampak berminyak. Daya tutup pori-pori juga cukup oke, walaupun untuk noda kemerahan agak kurang baik, dan kabar baiknya saya pakai ini tanpa harus diset dengan bedak loh :) Yang mana artinya buat saya cukup membuat wajah saya yang berminyak ini jadi 'jinak'.




produk dipakai:
The Balm Bahama Mama as eyeshadow

Kekurangan lainnya adalah berbeda dengan bb cream yg pernah saya coba, campuran ini bila terkena air langsung luntur.

Sangat mungkin saya dan pembaca memiliki jenis kulit dan problem yang berbeda. Yang paling mungkin ketersediaan bahan untuk membuat cushion makeup juga berbeda. Namun begitu, semoga pos ini menjadi inspirasi untuk membuat produk makeup di rumah agar dapat tetap terpakai dan cepat habis, tidak keburu kadaluarsa. Hehehe.

Untuk tempat yang dipakai di sini saya menggunakan wadah bb cushion bekas, dibersihkan dengan sabun lalu diberi alkohol 70%. Sedangkan tempat mencampur formula yang diinginkan saya lakukan langsung di wadah cushion. Pastikan kalau formula yang dibuat tidak terlalu sedikit ya agar bisa menyebar di cushion dan di tap dengan sponsnya.

1 comment:

  1. wahh jd pgn nyoba klo ntar cushion habis :D *tp ini ak baru aj beli barangx blm nyampe >.<

    ReplyDelete