Monday, May 15, 2017

Review: L'Oreal Infallible (Foundation, Matte Powder, & Lipstick)

Hallo! 

Kali ini saya akan mengulas produk makeup dari seri L'Oreal Infallible, yaitu Stay Fresh Liquid Foundation 24H, Pro-Matte 16H Powder, dan Le Rouge Lipstick. Ketiganya saya beli terpisah di sini dan sini. Sebelum resmi diluncurkan di Indonesia seri Infallible sudah cukup membuat saya penasaran karena katanya sih bagus, terutama untuk pemilik kulit berminyak. Selain itu juga harganya menurut saya masih masuk akal. Tapi pada akhirnya produk ini baru kebeli setelah masuk di Indonesia hehe. Terus, bagus beneran tidak? Simak dulu ya percobaan saya.





Infallible dalam bahasa Inggris berarti sempurna. Seri Infallible berarti didesain agar penampilan senantiasa sempurna sepanjang hari. Di Indonesia sendiri ada 7 produk Infallibe yang tersedia, yaitu Liquid Foundation, Pro Matte powder, Pro Contour, Pro Setting Spray, 2 Step Pro Last Colour, Le Rouge, dan Lip Liner (loreal.co.id). Sedangkan yang saya miliki hanya 3 diantaranya, yaitu:
  1. Infallible Stay Fresh Liquid Foundation 24H 235 Honey
  2. Infallible Pro-Matte 16H Powder 300 Nude Beige
  3. Infallible Le Rouge Lipstick 814 Forever Frappe

Infallible Stay Fresh Liquid Foundation 24H 235 Honey

Diantara produk Infallible sudah jelas saya paling tertarik dengan foundationnya. Karena kunci makeup yang bagus salah satunya ada pada foundation yang bagus juga. Apalagi kulit saya yang berminyak ini kadang tidak bisa diajak damai saat menggunakan makeup. Tetap saja berminyak. Dan ya saya kepingin coba foundation cair L'Oreal Infallibe.


Kemasan foundation cair ini tidak jauh berbeda dengan foundation cair L'Oreal lainnya, kecuali produk ini tidak memiliki kemasan kardus. Kemasan foundation terbuat dari kaca transparan berbentuk tabung kotak dilengkapi dengan pompa dan tutup plastik berwarna merah. Pada bagian belakang terdapat keterangan bila foundation bertahan selama 24 jam tanpa cela, membuat kulit sempurna, tidak berminyak, tidak transfer, dan tidak membuat kesan seperti topeng. Diperkaya dengan Hydrating Hyaluron untuk tetap memberikan hidrasi selama 10 jam dan rasa nyaman seharian. Foundation ini telah dites oleh ahli dermatologi dan non-komedogenik. Walaupun katanya bagus untuk kulit berminyak, tapi foundation L'Oreal Infallible ini diklaim dapat digunakan oleh seluruh jenis kulit loh. Foundation L'Oreal Infallible berisi sebanyak 30 ml, aman digunakan setelah 1 tahun setelah kemasan dibuka. Foundation ini memiliki SPF 20 PA +++.



Sebelum membeli saya sudah lihat-lihat seperti apakah warnanya ketika diaplikasikan di wajah. Dan menurut saya saat itu Golden Sand merupakan warna sepertinya cocok di kulit saya. Tapi karena di gerai L'Oreal yang tersedia hanya tinggal 115 Nude Beige dan 235 Honey, maka pilihan saya terbatas. Saat saya mencoba langsung di gerai, warna Honey nampak lebih pas sekali dengan kulit saya dibandingkan dengan Golden Beige. Tapi ternyata warna Honey lebih merah dari kulit leher saya. Saya sih tidak terlalu bermasalah karena pertama saya sedang suka penampilan kulit yang lebih gelap biar rada eksotis gitu, kedua saya pakai jilbab jadi tidak terlihat perbedaan warna antara wajah dan leher. Cuma saya agak sedih karena masih belum bisa menilai warna foundation yang tepat untuk saya sendiri. Saya merasa gagal.


komposisi:
Aqua/ Water, Cyclopentasiloxane, Glycerin, Isododecane, Phenyltrimethicone, Nylon-12, Propyleneglycol, Cetyl PEG/PPg-10/Dimethicone, Polymethylsilsesquioxane, Synthetic Fluorophlogopite, Etylhexyl Methoxycinnamate, Dimethicone, Phenoxyethanol, Magnesium Sulfate, Polyglyceryl-3 Diisostearate, Disteardimonium Hectorite, Truhydroxysteararin, Disodium Stearoylglutamate, PEG/PPG-18/18 Dimethicone, Parfum/Fragrance, Methylparaben, Acrylonitrile/Methyl Methacrylate/Vinylidene Chloridecopolymer, Propylenecarbonate, Perlite, Magnesium Gluconate, hydroxypropylguar, Acetylated Glycol Stearate, Butylparaben, Etylhexylpalmitate, Alumunium Hydroxide, Magnesium Ascorbyl Phosphate, Hexyl Cinnamal, Isobutane, Benzyl Saliylate, Linalool, Alpha-Isomethyl Ionone, Benzyl Alcohol, Silica Dimethyl Silylate (nano)/ Silica Dimethyl Silylate, Citronellol, BHT, Butylene Glycol, Caprylyl  Glycol, Sodium Hyaluronate, Pentaerythryl Tetra-Di-T-Butyl Hydroxyhydrocinnamate, Tocopherol, Hexylene Glycol [+/- May Contain: CI 77891/titanium Dioxide, CI 77491, CI 77492, CI 77499/Iron Oxides]


Biasanya saya menggunakan foundation ini dengan cara mengocok botol foundation terlebih dahulu. Untuk banyaknya foundation yang saya pakai biasanya sekitar 1,5 kali pompa. Cukup banyak karena saya biasanya meratakan dengan spons beauty blender. Foundation ini memiliki coverage yang bagus. Dengan pemakaian sedikit dan beauty blender noda di wajah sudah dapat tertutupi. Begitu pun pori-pori yang tampak tertutupi. Untuk hasilnya di kulit memang nyata matte, tidak berminyak. Sedangkan daya tahannya menurut saya tidak terlalu spesial karena setelah lama wajah akan terlihat mengilap (pada percobaan saya menggunakan Infallible Pro-Matte powder). Dan untuk daerah hidung saya yang memiliki problem minyak berlebih dan berkeringat, foundation ini tidak bertahan lama di batang hidung terutama bila saya harus mengelap keringat dengan tisu. Kalau sudah seperti ini saya touch up menggunakan bedak saja.

Infallible Pro-Matte 16H Powder 300 Nude Beige

Setelah mencoba Infallible foundation saya masih penasaran dengan bedaknya. Bayangan saya sepertinya makeup akan lebih sempurna setelah penggunaan bedak matte dari seri yang sama, L'Oreal infallible. Sebenarnya mau beli di hari yang sama dengan foundation tapi warna bedak dan lipstik yang saya inginkan habis. Hingga 1 minggu berlalu masih belum datang juga di gerai L'Oreal Centro Summarecon .




Kemasan Infallible Pro-Matte Powder berbentuk kotak plastik transparan dengan kombinasi warna hitam dan merah. Terdapat 2 bagian yaitu wadah bedak di bagian atas dan tempat spons dan kaca di bagian bawah. Sudah lengkap! Di bagian belakang terdapat keterangan bedak ini memiliki hasil akhir matte yang tahan lama hingga 16 jam, tidak cakey, memiliki tekstur air-fine, tidak flat, dan mengontrol kilap pada wajah. bedak ini memiliki berat 9 g.

Untuk ketersediaan warna bedak memang lebih terbatas bila dibandingkan dengan foundationnya. Dan diantara 4 warna yang ada Nude Beige adalah warna yang lain pas dengan warna kulit wajah saya. Selain dapat digunakan setelah foundation, Infallible Pro-Matte powder juga dapat digunakan sendiri.


komposisi:
Talc, Perlite, Triisostearin, Phenyl Trimethicone, Magnesium Stearate, Caprylyl Glycol, Tocopheryl Acetate, Calcium Gluconate, Magnesium Gluconate. [+/- May Contain: CI 77491, CI 77492/Iron Oxides, CI 77891/Titanium Dioxide]



Infallible Pro-Matte Powder dapat digunakan dengan foundation atau tanpa foundation. Kalau saya menggunakan Infallible Foundation dan Pro-Matte powder bersama untuk acara-acara yang memang memerlukan tampilan lebih seperti pesta. Sedangkan untuk acara-acara seperti kerja atau jalan-jalan bisa menggunakan Infallible Pro-Matte Powder untuk memiliki warna kulit yang rata, menutup noda, sekaligus memberikan kesan kulit bercahaya alami, tidak berlebihan. Bedak Infallible memiliki tekstur yang terasa halus di kulit. Sesaat setelah diaplikasikan bedak memang terlihat matte dan seperti terlalu tebal di wajah, lambat laun warnanya menyatu dengan kulit dan hasilnya sangat natural. Untuk daya tahan saya nilai masih kurang di daerah hidung. Untuk pengambilan foto pemakaian bedak ini saja saya memerlukan beberapa kali pengulangan aplikasi untuk membuat tampilannya sempurna di kamera. Kelebihannya walau ditumpuk tapi bedak tidak menggumpal.



Sedangkan bila digunakan setelah foundation bedak membuat dasar makeup lebih tebal. Pori-pori yang tadinya tampak lebih kecil terlihat kembali setelah aplikasi Infallible Pro-Matte Powder. Namun tentunya penggunaan bedak setelah foundation membuat foundation lebih tahan lama. Untuk daerah hidung masih memiliki isu yang sama yaitu cepat pudarnya riasan. Ada pula pengalaman saya daerah hidung ini akan tetap bertahan walau berminyak. Kuncinya adalah tidak menggunakan tisu untuk menyerap minyak atau keringat pada hidung. Kalau seperti ini maka solusinya adalah jangan jauh-jauh dari AC :D

Infallible Le Rouge Lipstick 814 Forever Frappe

Untuk Infallible Le Rouge Lipstick sebenarnya bukan lah produk yang saya incar. Kebetulan saat mencoba-coba lipstik Infallible Le Rouge di gerai L'Oreal saya langsung jatuh cinta dengan warnanya. Seri lipstik Infallible Le Rouge menurut saya memiliki karakter yang berbeda-beda, ada yang matte, glossy, dengan dan tanpa shimmer. Jadi, antara warna satu dan lainnya tidak dapat disamaratakan hasilnya.



Kemasan Infallible Le Rouge Lipstick terbuat dan plastik. Bagian wadah lipstik berwarna hitam dan bagian atas berwarna merah transparan. Ukuran batang lipstiknya lebih kecil dari kebanyakan lipstik menurut saya. Terdapat ukiran tulisan L'Oreal di batang lipstik yang membuat lipstik tampak lebih eksklusif.



komposisi: 
Isohexadecane, Octyldodecyl Neopentanoate, Trimethylsiloxyphenyl Dimethicone, Isododecane, Polyethylene, Hydrogenated Styrene/Methyl Styrene/Indene Copolymer, VP/Hexadecene Copolymer, Acrylic Acid/Isobutyl Acrylate/Isobornyl Acrylate Copolymer, Ozokerite, Synthetic Fluorphilogopite, VP/Eicosene Copolymer, Alumina, Tocopheryl Acetate, Hydroxypalmitoyl Sphinganine, Calcium Sodium Borosilicate, Pentaerythrityl Tetra-Di-T-Buthyl Hydroxyhydrocinnamate, Calcium Alumunium Borosilicate, Silica, Magnesium Silicate, Benzyl Alcohol, Tin Oxide [May Contain: CI 77891/Titanium Dioxide, CI 45410/Red 28 Lake, CI 77491, CI 77492/Iron Oxides, CI 15850/ Red 7, Mica, CI 15985/Yellow 6 Lake, CI 45380/Red 22 Lake, CI 42090/Blue 1 Lake, CI 75470/Carmine, CI 19140/ Yellow 5 Lake, CI 15850/Red 6, CI 15850/Red 7 Lake]

Infallible Le Rouge Lipstick Forever Frappe -saya sebutkan di sini warnanya karena setiap lipstik bisa memiliki karakter yang berbeda- memiliki daya tahan yang baik walau hasilnya sedikit glossy tapi pigmen warnanya begitu melekat di kulit. Lipstik ini tetap memudar setelah makan tapi tetap meninggalkan warna sisa di bibir ketika hilang. Setelah lipstik dioleskan terasa bagian atas lipstik agak lengket dan bagian inilah yang membuat kilau pada lipstik. Bila bagian atas tersebut kita tekan maka kilau lipstik pudar dan warna menjadi matte. menurut saya rasa lengket dari lipstik ini terasa biasa saja, tidak mengganggu. Warna cokelat muda Forever frappe ini menurut saya bisa cocok ke hampir seluruh warna kulit. Dan benar saja warna Forever frappe merupakan warna best seller dari infallible Le Rouge Lipstik menurut BA L'Oreal. 


Berikut contoh pemakaian produk di wajah saya.











Beli di Centro Rp 163.500 (foundation diskon 15% )

Beli di Matahari sekitar Rp 151.200 dan Rp 135.200 (diskon 20% untuk pembelian 2 produk, bedak dan lipstik)

Infallible Stay Fresh Foundation 24H 

(+)
Matte
Coverage bagus tanpa harus penggunaan tebal (menutup noda dan pori)
Daya tahan baik tapi dibawah ekspektasi

(-)
Daerah hidung cepat pudar bila berkeringat dan berminyak
Tidak tahan 24 jam
Warna Honey kurang sesuai di wajah saya

Infallible Pro-Matte Powder 16H

(+)
Matte
Natural
Tahan lama
Kemasan yang lengkap dengan kaca dan spons
Warna cocok di kulit

(-)
Daya tahan di bagian hidung kurang baik

Infalible Le Rouge Lipstick 814 Forever Frappe 

(+)
Warnanya bagus
Kilaunya natural membuat kesan lembab
Melembabkan bibir
Warna tahan lama
Meninggalkan stain di bibir
Warna cocok dengan berbagai jenis kulit

(-)
Warna pudar setelah makan, hilang bila makan berminyak

1 comment:

  1. whoaaa baguss mbak e *o* jd seger bangeet makeupny <3

    ReplyDelete