Wednesday, April 5, 2017

Q & A : Rambut Rontok, Hijab, dan Creambath

Hallo!

Pos kali ini saya akan memuat beberapa pertanyaan yang sering saya dapatkan sehari-hari. Mungkin beberapa pertanyaannya sudah pernah dimuat juga di artikel lainnya. Tapi ternyata pertanyaan tersebut tidak langsung hilang dari peredaran karena masih sering saya dapatkan. Saya simpulkan bahwa pertanyaan-pertanyaan tersebut terus datang karena 'kampanye' kita tentang kesadaran akan kesehatan kulit dan rambut misalnya belum mengena ke seluruh masyarakat, masih adanya keraguan akan jawaban yang disampaikan, atau pertanyaan tersebut muncul dari 'generasi baru'. Tidak usah berlama-lama mari simak beberapa Q & A!



Rambut rontok karena berhijab?
Tidak. Biasanya saya dapat pertanyaan seperti ini dari yang baru-baru pakai jilbab. Karena kalau yang sudah lama biasanya menganggap jilbab bukan salah satu sebab dari rontok karena pernah mengalami fase baik-baik saja dengan pemakaian jilbab. Jadi penyebab rontok yang sering pada wanita berhijab adalah mengikat rambut terlalu kencang, tidak mengganti dalaman jilbab setiap hari, menggunakan jilbab dalam kondisi rambut basah, dan jarang keramas. Tiga alasan terakhir yang sebutkan bisa menyebabkan kepala berminyak, berketombe dan bau. Jadi mohon ya ibu-ibu dicek kebersihkan kepala dan rambutnya :)

Frekuensi ideal keramas?
Setiap kulit kepala memiliki tipe yang berbeda-beda normal, kering, dan berminyak. Ditambah lagi dengan aktifitas yang berbeda-beda. Rambut normal bisa keramas 2-3 hari sekali, rambut kering 3 hari/x, sedangkan berminyak 1-2 hari/x. Tapi itu di luar aktifitas ekstra ya.

Boleh keramas setelah olahraga?
Boleh banget! Pagi sudah keramas, malam hari olahraga dan keramas lagi boleh. Apalagi kalau yang kulit kepalanya berminyak. Kulit kepala kotor tidak perlu dipelihara ya.

Pakai shampoo anti ketombe tapi kok masih berketombe?
Pertama, setiap orang punya respon berbeda terhadap suatu produk. Kedua, cari yang cocok karena ada banyak produk anti ketombe tapi memiliki formula yang berbeda. Ketiga, ketelatenan penggunaan produk. Kalau belum hilang juga musti dicari tahu dulu 'ketombenya' ini jenis apa. Jangan-jangan bukan ketombe biasa.

Sudah pakai shampoo untuk kulit kepala sensitif kok masih rontok juga?
Dear.. apakah rambut rontok mu karena kulit kepala sensitif? Kalau bukan, berarti harus cari penyebab dan produk yang pas.

Rambut rontok boleh pakai hair dryer?
Boleh. Dan jangan lupa pakai suhu yang rendah ya. Untuk styling blow saya tidak menyarankan.

Rambut tambah rontok kalau sering keramas?
Tidak. Normalnya dalam 1 kepala akan ada 9 bagian yang tumbuh dan 1 bagian yang rontok. Rambut akan rontok bila sudah waktunya berganti atau akar yang tidak kuat. Keramas atau tidak, sisiran atau tidak, rambut yang waktunya rontok akan tetap berlangsung. Yang dapat kita lakukan adalah menjaga kulit kepala menjadi tempat yang mendukung untuk pertumbuhan rambut sehat.

Lalu, berapa jumlah rambut rontok normal setiap harinya?
Normalnya < 100 helai/ hari. Cara menghitungnya bisa mengumpulkan rambut selama 3 hari lalu di bagi 3. Tapi, dengan catatan dilihat lagi bila jumlahnya < 100 helai/ hari tapi terdapat penipisan rambut maka carilah pertolongan.

Sudah rajin perawatan creambath/ hair mask tapi rambut masih rontok?
Creambath atau hair mask bertujuan sebagai deep conditioning; merawat, menutrisi, dan membuat kilau rambut kembali. Tapi harus disesuaikan juga dengan problem rambutnya. Kalau rambut rontok penyebabnya di akar, sedangkan deep conditioning untuk merawat batang. Jadi ada ketidaksesuaian antara masalah dan solusi. Kalau memang ingin melakukan perawatan semacam ini, saya pribadi lebih memilih hair mask daripada creambath untuk menghindari gerakan pijat dan tarik berlebihan pada kulit kepala dan rambut rontok.

Apakah batang rambut rusak bisa bagus lagi tidak?
Batang rambut rusak seperti kering, patah dan bercabang dapat dirawat dengan deep conditioning seperti pemakaian conditioner, hair mask, hair vitamin atau vitamin oil. Perawatan tersebut berguna untuk mengisi bagian yang rusak, menambah kelembaban, melembutkan dan memberikan kilau. Tapi untuk kembali seperti rambut sehat lagi in my opinion, tidak.

Oke, 10 pertanyaan yang sering saya dapatkan sudah saya muat di atas. Semoga membantu dan menjadi informasi berguna.

Bila ada pertanyaan yang ingin diajukan silahkan tulis di kolom komentar dan akan saya jawab di pos Q & A berikutnya.

Sampai jumpa :*

2 comments:

  1. ibu dokter.. aku juga mau konsul dengan ibu dokter nih.. kikikikiki..
    www.sistersdyne.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. mba dine.. yuk yuk mampir. seneng banget klo didatengin mba dine :D

      Delete