Monday, February 6, 2017

Review: Laneige BB Cushion Pore Control 23 Sand

Hallo!

Kali ini saatnya saya mengupas tuntas tentang Laneige Pore Control BB Cushion No. 23 Sand yang saya beli di Althea (cek ceritanya di sini ya). Apa sih keunggulannya? Dan adakah kekurangannya? Sebagaimana kita ketahui yang namanya make up kalau dipakai si kulit berminyak tuh adaaaaaaa aja kurangnya. Nah, nanti saya akan beberkan apa saja yang perlu diperhatikan dari Laneige Pore Control BB Cushion ini.



Untuk kemasannya sendiri ternyata Laneige BB Cushion Pore Control seri terbaru ini memang lebih cantik dari kemasan sebelumnya. Bagian luarnya berupa kardus dengan refleksi warna pelangi. Agak kaget pas barangnya datang karena ukurannya kardusnya besar, ternyata di dalamnya terdapat cushion, refill (plus spons), dan penjelasan tentang produk menggunakan berbagai bahasa termasuk bahasa inggris. Cushionnya sendiri berupa paduan warna putih dengan garis biru muda kehijauan dan di bagian tutupnya ada refleksi sewarna pelangi. Tapi sebenarnya refleksi warna aslinya tidak terlalu jelas seperti yang ditampilkan di iklannya. 



sudah termasuk isi ulang

Untuk ukuran kemasan cushionnya tidak kompak dan tebal seperti kemasan cushion kebanyakan. Dan di dalamnya dilengkapi dengan kaca dan spons. Lengkap.



Untuk aplikasi Laneige BB Cushion Pore Control ini memang memerlukan tekanan yang lembut. Berbeda ketika menggunakan Beauty Blender. Karena pengalaman saya di daerah kemerahan yang ingin saya tutupi, semakin ditekan malah akan membuat hasil riasan tidak rata dan menumpuk di tempat tersebut. Jadi pastikan pada aplikasinya kita melakukan tap-tap dengan lembut. Tidak masalah sudah kering atau belum, dengan tekanan yang lembut hasil aplikasinya akan sempurna. Masih bingung tap-tap lembut seperti apa? Lihat iklan k-idol saat menggunakan cushion. Ya selembut itu. Mulai dengan sedikit-sedikit ratakan lalu ulangi hingga tercapai coverage yang diinginkan. Hasilnya jauh lebih baik daripada langsung dengan tebal-tebal.



Saat saya coba warna Laneige BB Cushion Pore Control 23 di tangan saya cukup bersyukur karena warnanya cukup pas. Buat saya ini termasuk prestasi karena sebelumnya saya selalu milih warna alas bedak yang terlalu putih haha. Menurut saya tidak gelap, malah masih agak terang karena efek luminous. Untuk coverage memang tidak terlalu bagus karena kalau dilihat langsung saat pemakaian bahkan tidak ada perubahan warna yang signifikan. Selain mungkin karena warnanya sudah hampir sama dengan wajah saya. Cukup mengurangi kemerahan saja menurut saya. Hasil akhirnya semi-matte karena ada efek luminous yang membuat wajah tampak lembab dan bercahaya terutama saat di foto. Untuk solusi coverage bisa mengaplikasikan 2 layer walaupun menurut saya hasilnya tetap tidak terlalu bagus untuk menutupi segala noda.


ingredients:
Water, Zinc Oxide, Titanium Dioxide, Cyclopentasiloxane, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Methyl Trimethicone, Dicaprylyl Carbonate, Polymethyl Methacrylate, Cetyl PEG/PPG-10/1 Dimethicone, Butylene Glycol, Cyclohexasiloxane, Arbutin, Nylon-12, HDI/Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Sodium Chloride, Sorbitan Isostearate, Acrylates/Ethylhexyl Acrylate/Dimethicone Methacrylate Copolymer, Aluminum Hydroxide, Disteardimonium Hectorite, Stearic Acid, Phenoxyethanol, Triethanolamine, Ethylhexylglycerin, Disodium EDTA, Silica, Melia Azadirachta Extract, Salicylic Acid, Alcohol, Protease, CI 77492, CI 77491, CI 77499, Fragrance


Menurut klaim dari Laneige Pore Control BB Cushion SPF 50+ PA+++ ada 6 hal yang diunggulkan dari produk ini;
  1. Pore Control. Mengandung Pore Purifying Complex™ yang memperbaiki tampilan pori dan menguatkan ketahanan almi kulit.
  2. Semi-matt Finish. Mengandung Dual Powder Formula yang membuat kulit lembut dan halus saat disentuh dengan hasil semi-matte yang tahan lama.
  3. Long Lasting. Dengan Anti-darkening Powder memelihara warna sejak awal pemakaian selama apa pun pemakaiannya.
  4. UV Protection. Mengandung SPF 50+ PA++ yang menjaga dari sengatan matahari dan ultraviolet.
  5. Cooling Sensation. Sensasi dingin saat pemakaian yang memberikan efek segar saat diaplikasikan.
  6. Pore Coverage. Dengan elastis Silicon Elastomer dan Soft Focus Powder menutup menutup tampilan pori-pori.

Apakah sebelum aplikasi Laneige BB Cushion PoreControl memerlukan primer? Untuk primer (disini saya pakai primer berbahan dasar silikon) saya rasa cukup membantu untuk menambah ketahanan produk di daerah T-Zone. Walaupun tanpa primer hasilnya juga sudah bagus. Kalau pengalaman saya jangan menggunakan primer, bb cushion, dan powder bersamaan karena riasan akan terlalu tebal. Sisi positifnya coverage lebih bagus tapi sisi negatifnya perbedaan warna di area kumis atau nasolabial semakin nyata. Penggunaan bedak setelah bb cushion akan meningkatkan coverage dan daya tahan terhadap minyak. Cocok untuk acara-acara khusus yang ingin kamu datangi. Jadi cukup primer + BB cushion atau BB cushion + bedak.

Klik gambar untuk memperbesar ya.




Bagaimana dengan kekuatan menahan minyak? Untuk di wajah saya Laneige BB Cushion Pore Control ini bagus secara keseluruhan. Dengan tampilan wajah bercahaya tapi sebenarnya wajah tetap matte bila dipegang. Tidak berminyak. Sayangnya hidung saya yang paling bandel untuk urusan produksi minyak ini masih belum bisa ditaklukan oleh formula dari Laneige BB Cushion Pore Control. Tapi karena warna yang saya gunakan juga pas jadi tidak terlalu kelihatan perbedaan saat berminyak. Saat dipegang daerah hidung terasa berminyak tapi kalau berkaca sebenarnya masih oke kok. Yang paling saya suka solusi dari masalah minyak di hidung adalah tinggal ambil tisu tap untuk menyerap minyak lalu tap Laneige BB Cushion Pore Control lagi di bagian hidung. Warna make up tidak belang dan tidak ada bagian yang menumpuk juga. Sangat mudah!

no primer: 1 layer and 2 layer

with primer: 1 layer and 2 layer

Mengenai tampilan pori-pori saat menggunakan Laneige BB Cushion Pore Control di kulit saya sama saja. Karena nyatanya pori-pori yang kita miliki bukanlah tampilan kulit jeruk yang tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat. Kalau kamu menginginkan pori-pori yang tertutup sempurna, maka produk ini bukan solusinya. Karena pori-pori masih ada hanya saja tampilannya minimal karena efek bercahaya tadi yang membuat pori-pori sedikit blur. Salah satu trik yang bekerja untuk saya adalah dengan menepuk dari bagian bawah ke atas di daerah big pore untuk memaksimalkan penutupan pori-pori.

Satu-satunya kesulitan pada saat awal-awal pemakaian yang sering saya hadapi adalah kalau saat dandan di tempat yang agak sumuk suka tidak rata hasilnya. Tidak tahu kenapa. Jadi dandanya harus mahal sedikit depan angin AC. Hal seperti ini sebenernya suka saya lakukan agar foundation dan bedak tidak cepat luntur setelah diaplikasikan. Hanya saja kalau Laneige Pore Control ini malah bermasalah saat diaplikasikan. Kalau hal ini terjadi, solusinya sebenernya hanya tinggal kasih air saja daerah yang bermasalah, pijat agar seluruh cushion yang menempel terangkat, lalu lap dengan tisu, dan tap-tap cushion kembali. Tapi seiring pemakaian keluhan tadi malah menghilang.


Karena aktivitas saya hanya di ruangan berAC saja jadi Laneige BB Cushion Pore Control cukup bagus untuk seluruh wajah 8 jam wajah tidak berminyak, kecuali bagian hidung hanya bertahan sekitar 3 jam saja. Warnanya juga tidak menggelap dan tetap segar seperti awal pemakaian.

Untuk yang mungkin belum pernah pake cushion atau pemakaian cushion terakhirnya kurang menyenangkan, Laneige BB Cushion Pore Control ini tidak lengket di hijab atau di rambut saya. Dan setelah aplikasi cushion  bisa langsung menggunakan make up aksesoris seperti blush on powder, higlighter, dan contour seperti biasa, ga lengket kok. Tapi saya sarankan untuk menyesuaikan juga dengan hasil warna kulit yang diberikan cushion. Biasanya hanya perlu lebih sedikit saja kepekatan warna untuk melengkapi keseluruhan riasan wajah.

Bagaimana kalau kena air, misal saat wudhu? Asiknya Laneige Pore Control ini aman kok kalau dipakai saat wudhu. Ada yang hilang terkena air namun tetap bersisa di wajah dan efek bercahayanya juga masih ada. Tinggal keringkan dengan tisu, jangan digosok, dan aplikasikan kembali. Hasilnya tetap natural dan tidak menumpuk.

Pada komposisi Laneige BB Cushion Pore Control memang jelas tertulis adanya pewangi. Kalau menurut saya wanginya mirip dengan produk Etude House. Wangi tapi agak semilir saja. Mungkin karena satu perusahaan induk ya.

Beli di Althea Rp 375.000 (belum termasuk diskon Mobil Launch Rp 100.000)

(+)
Semi-Matte
Memberikan kesan efek kulit bercahaya
Tidak menggumpal dan menumpuk bila diaplikasikan ulang
Saat terkena air tidak luntur begitu saja
Mudah dibersihkan
Dapat digunakan sebelum bedak untuk coverage lebih
Mengurangi tampilan pori-pori

(-)
Mahal. Tapi sudah termasuk isi ulang
Coverage kurang
Apakah kamu memutuskan segera untuk mencoba Laneige Pore Control BB Cushion?

Semoga bermanfaat. Sekian dan sampai jumpa di pos berikutnya ya :*

5 comments:

  1. Akhirnya tayang juga ripiuuunyaaa... Btw bener deh aku juga kl pake cushion ga bs kl ga di ac, kl ditempat yg gerah gt malah ancur makeupnyaa ga nyatu... Beda kl apply foundie yg liquid, kayanya ga ngaruh mau di ac atau di tempat biasa... Btw pori2 ga ngaruh yaa pake ini? Hmmmmpphh tp tampilannya cakep flawlesss di mba ikeee ~.~

    ReplyDelete
    Replies
    1. pas awal-awal gitu, maksud hati pengen cover redness eh malah gumpal. tapi sekarang udah ga pernah walau pake ga di ac pun.

      pori2 klo pake zoom emang keliatan beda, ketutup. tapi kalau aslinya kayak yg foto aja, masih keliatan sih dikit

      Delete
  2. Aku pakai jg laneige bb cushion, tapi yg seri whitening padahal muka kombinasi.. Dulu beli itu krn katanya bisa kasih efek glowing. Alhasil muka mengkilap kalau pk itu. Kynya mau coba yg pore control ini.. Lebih oily skin-friendly yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo nabila! ini memang oke sih karena bukan hanya pas buat kulit oily tapi juga tetap ngasih hasil kulit lebih glowing

      Delete
  3. Halo kak~ anw aku baru kali ini mau coba cushion nah yang bikin aku worried tuh shade nya. Kulit ku ga terlalu putih ya semacem sawo matang nah kira kira kalo pake 23 sand itu terlalu putih ga ya soalnya yang versi baru ini kan shade paling gelap ya cuma itu gitu. Mohon saran nya. Thank u ^^

    ReplyDelete