Wednesday, February 22, 2017

Review: Catrin Diamond Mineral Foundation 23 Sand Beige

Hallo!

Hari ini saya akan ulasan foundation mineral bubuk yaitu Catrin Diamond Mineral Foundation SPF 30/PA+++ 23 Sand Beige. Waktu saya beli saya kepikirannya bakal tambah oke sepertinya kalau dipakai setelah bb cushion, bebas minyak tapi tetap berkilau. Ya, saya melihat kata diamond yang tertera di nama produknya saja sudah membayangkan hasilnya akan berkilau banget. Tapi ternyata saya baru menyadari kalau ini sama sekali tidak seperti yang saya bayangkan setelah produknya datang. Kenapa?



Sebelum saya lebih dalam mengulas, bahas kemasannya dulu yuk!

Kemasan Catrin Diamond Mineral Foundation adalah kardus hitam doff dengan tulisan putih pada 5 dari 6 sisinya. Ya, ada 6 sisi yang melengkapi dari kemasan terluar Catrin yang menerangkan tentang produk, peringatan, barcode, dan merek. Cukup lengkap ya untuk keterangan pada kemasan. Sedangkan untuk mendapatkan informasi dari web resmi Catrin ini menurut saya sudah cukup lengkap namun tidak terlalu detail, seperti tidak adanya bahan komposisi lengkap yang tertera.


catrin.co.kr


Berdasarkan pencarian saya ada 3 kemasan Catrin Diamond Mineral Foundation, yaitu kemasan 9 g dengan aplikator kuas terpisah, 7 g dengan aplikator spons menyatu (yang saya ulas sekarang), dan 3 g kemasan dengan aplikator kuas menyatu. Untuk kemasan 7 g dan 3 g memang didesain sebagai produk portable yang mudah dibawa.

Catrin Diamond Mineral Foundation memiliki motto alami, mutakhir dan indah dengan campuran berlian dan mineral. Berlian yang dipakai juga tidak sembarangan loh, karena Catrin menggunakan mineral dari Intercos yang tertinggi di kelasnya. Intercos merupakan perusahaan yang juga bekerjasama dengan MAC, Dior, dan Chanel. Keistimewaan dari berlian dan mineral yang digunakan adalah;
  • Berlian VVIP & 100% mineral alami yang memberikan kilau alami yang berasal dari berlian. Memiliki fungsi sebagai pelindung sinar matahari, dasar pelembab, foundation, concealer bedak, dan highlighter (6 in 1)
  • 0% kimia organik. No preservative, no talc, no oil. Tanpa bahan kimia apapun 
  • Menjaga kelembaban. Mineral membentuk formasi pelindung kelembaban pada kulit untuk tetap menjaga kelembaban dan tampilan kulit sempurna sepanjang hari. 

Catrin Diamond Mineral Foundation ini didesain untuk membuat kulit berkilau alami hanya dengan sedikit sentuhan yang diklaim cocok untuk;
  • Kulit sensitif karena terbuat dari bahan natural
  • Yang ingin memiliki makeup tahan lama
  • Yang ingin memiliki makeup halus dan lembut
  • Menutupi noda pada wajah
  • Ingin memiliki kulit wajah bak selebriti namun tanpa kulit tebal
  • Ingin memiliki tampilan kulit yang dilakukan oleh ahli



Tulisan di atas berisi peringatan untuk menghentikan pemakaian bila muncul keluhan gatal, bintik merah, dermatitis, atau bila keluhan lebih buruk berkonsultasi lah ke dokter. Produk disimpan pada suhu ruangan dan jauh dari sengatan matahari langsung.

Kemasan dari Catrin Diamond Mineral Foundation sendiri sangat menarik buat saya. Kemasan didominasi oleh warna hitam doff dan merek pada tutunya dengan tulisan silver mengkilap. Sedangkan bagian wadah isinya tidak berwarna, transparan yang memudahkan untuk melihat berapa banyak isi yang tersisa. Selain itu kemasan Catrin Diamond Mineral Foundation yang imut ini juga sudah dilengkapi oleh kaca dan aplikator yang menempel di kemasan. Melihat hal seperti ini saya hanya berpikir 'gila! kosmetik korea ini benar-benar inovatif!'. Tidak hanya cushion saya yang pemakaiannya tinggal di tap-tap, tapi kosmetik dalam bentuk bubuk juga tidak perlu berantakan saat aplikasinya.


Kalau mau dipakai jangan lupa ya tutup transparannya dibuka dulu agar foundation bubuknya bisa terserap oleh spons aplikator.



Berikut saya gambarkan hasil penggunaan Catrin Diamond Mineral Foundation 23 Sand Beige di telapak tangan saya. Karena foundation ini berbentuk bubuk dengan anggapan mungkin akan kurang menempel di wajah maka saya juga membandingkan antara tanpa alas dengan penggunaan A'Pieu Base Maker 101 Glow sebagai alas.


Dari gambar di atas bisa dilihat kan kalau Catrin Diamond Mineral Foundation akan lebih nyata dengan pemakaian A'Pieu Base Maker 101 Glow sebelumnya dibandingkan tanpa alas apapun. Dalam kenyatannya, saya tidak selalu menggunakan A'Pieu Base Maker sebagai alas sebelum pemakaian foundation bubuk ini. Biasanya saya menggunakan setelah pemakaian perawatan kulit seperti pelembab dan perlindungan matahari. Dengan penggunaan perawatan dasar kulit seperti itu saja Catrin Diamond Mineral Foundation sudah menempel dan bisa menutup kemerahan. Selain itu sebenarnya dalam menggunakan foundation bubuk seperti ini diperlukan kulit yang kering/ tidak lengket sebelum aplikasi di petunjuk pemakaiannya.

Saat saya beli ada 2 pilihan warna di Tester Korea, 21 dan 23. Tentu saja saya pilih 23 karena semua cushion yang saya terakhir beli semua warnanya masuk di kulit saya. Sebenarnya warna 23 Sand Beige ini pas di kulit saya. Tetapi saat diaplikasikan ke seluruh wajah malah terlihat kusam. Dengan aplikasi dengan spons bawaannya aplikasinya jadi sangat mudah dan sudah dapat menutupi warna kemerahan di wajah. Tapi hasilnya menurut saya masih kurang halus. Ternyata hal ini berhubungan dengan kondisi kulit yang masih agak lengket sehingga foundation menjadi agak tebal di wajah. Ada 2 cara untuk mengatasi masalah Catrin Diamond Mineral Foundation yang kurang halus saat aplikasi, yaitu:
  • Memastikan wajah cukup kering sebelum aplikasi. Saya menggunakan tisu untuk menyerap sisa produk perawatan kulit setelah aplikasi.
  • Atau menggunakan bedak lain untuk meratakan dan memperhalus penampilan, disini saya menggunakan Erha Care Lab Pressed Powder yang saya aplikasikan dengan kuas. Hasil akhirnya lebih terang sedikit dan lebih rata dan halus kesannya.



Menurut saya hasil yang diberikan oleh Catrin Mineral Foundation ini sangat bagus untuk kulit berminyak. Karena tidak perlu memerlukan riasan yang tebal namun membuat noda wajah tertutup, pori-pori tersamarkan, riasan yang tahan lama dengan tidak membuat wajah mudah berminyak dan tentunya tetap membuat wajah tampak segar dalam jangka waktu lama. 



with A'Pieu Base Maker 101 Glow as base makeup
& Milani Baked Blush

Kekurangannya foundation mineral ini adalah tidak membuat kulit wajah sehalus dan tampak lembab saat pemakaian cushion (milky skin), walaupun pemakaiannya tipis tapi di kulit saya merasa agak berat dan seiring waktu mempejelas sel kulit mati seperti pada cuping hidung pada foto di atas. Ya sedikit banget kok. Untuk gaya makeup saya merasa kalau foundation ini kurang pas bila digunakan bersamaan dengan baked blush dan lipstik metalik. Tapi masih oke dengan pemakaian highlighter. Soalnya kalau metalik semua malah bikin kusam di wajah saya.

Dan kenapa produk ini tidak sesuai dengan bayangan saya? Karena saya baru sadar banget kalau ini foundation, buat apa saya tumpuk setelah bb cream. Selain itu karena warnanya lebih gelap jadi saya batalkan rencana saya untuk mengaplikasikannya setelah bb cushion. Karena sehari-hari pun saya menggunakan bb cushion tanpa ditumpuk set dengan bedak lagi. 

Beli di Tester Korea KRW 10.500 atau sekitar Rp 129.150

(+)
Kemasan yang praktis dan lengkap
Menyerap minyak
Riasan menjadi tahan lama
Menyamarkan pori-pori
Memberikan kesan kulit berkilau 
Memberikan kesan halus dan alami

(-)
Salah gaya makeup bisa nampak kusam
Memperjelas bagian kulit wajah yang kering setelah pemakaian waktu lama
Tidak terasa ringan seperti kulit kedua

Secara keseluruhan saya suka sekali dengan hasilnya. 

Saya kira cukup ulasan dari saya. Semoga sudah cukup lengkap dan bisa membantu ya. Terima kasih :*

10 comments:

  1. lama2 ini grey-ish gitu ta kak?

    https://mysistermonsterdisaster.blogspot.co.id/

    ReplyDelete
  2. Nitip temen yg ke korea ah, kayknya pas buat saya krn bare mineral powder saya udh mau abis

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo mba.. enaknyaa.. semoga ga jauh beda ya bare mineral :D

      Delete
  3. Baru pesen ini 2hari yang lalu di althea mba.. duuuh sayang banget ya kalau productnya kurang oke.. heeemmm..

    ReplyDelete
    Replies
    1. overall bagus kok mba dine klo buat aku sehari-hari nahan minyak banget, tapi mungkin bldi kulit mba dine beda, ditunggu reviewnya juga nanti

      Delete
  4. ka, carinya dimana ya? td check di tester korea gada yg bentuk kaya kaka. di althea juga gada.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai neni, klo di tester korea sekarang ku lihat memang adanya yg ukuran 3g shade 21. klo mau yg ukuran 7gr shade 23 ini bikin request aja di sana, bs kok

      Delete
  5. Seems tempting yah ini produk. Tp kalau uda liat banyaknya bedak-bedak di lemari make up ku...... Lalalalalala...

    (Fia)

    ReplyDelete