Monday, January 16, 2017

How I Clean My Makeup Brush II

Hallo!

Setelah sekian lama saya membersihkan kuas dengan segala cara yang 'aneh' seperti yang pernah saya pos sebelumnya. Sekarang saya akan berbagi cara untuk membersihkan kuas yang lebih lege artis. Lebih sesuai gitu deh. Jaman dulu ngepos cara membersihkan kuas ala-ala banget deh. Pertama, dulu tahunya alas untuk membantu membersihkan brush itu hanya yang mahal saja. Kedua, saya pertama kali punya kuas itu 60.000/set beli di Varia hahaha. Rasanya ga sebanding banget kalau saya beli alas untuk membersihkan kuas yang mahal itu. Tapi setelah kuas saya bertambah dengan kualitas di atas sebelumnya baru deh saya saya memutuskan untuk membeli alas untuk membersihkan kuas agar hasil mencuci kuas lebih maksimal. Kebetulan pula alas yang lebih murah sudah banyak tersedia, yaitu Brush Egg.



Saya sengaja pilih warna putih agar saat membersihkan bisa kelihatan perbedaan warna busa sabun saat membersihkan brush. Alasan saya memilih warna ini tidak terlalu penting sih haha. Brush Egg ini bentuknya seperti setengah telur dan di bagian bawah itu ada lubang untuk memasukan jari agar saat membersihkan posisi Brush Egg yang kecil ini stabil. Di bagian alas untuk membersihkan kuas terdiri dari 2 macam yaitu bulat-bulat kecil dan zigzag seperti papan gilas. Bagian yang kecil digunakan untuk kuas-kuas berukuran kecil dengan gerakan maju-mundur & memutar sedangkan yang satunya untuk kuas-kuas besar dengan gerakan maju mundur. 


Untuk sabunnya hmm... saya masih suka pakai sabun Sunlight karena berdasarkan pengalaman sabun ini ampuh mengangkat hampir segala macam noda. Selain itu juga sampai saat ini saya belum menemukan keluhan untuk kuas yang saya bersihkan dengan sabun pencuci piring tersebut. Jadi sabun tersebut masih menjadi pilihan untuk saya. 

Langkah-langkah yang saya lakukan untuk membersihkan kuas jadi lebih efektif dan efisien juga terhadap waktu dengan penggunaan Brush Egg. Biasanya saya bisa mengulangi langkah penyabunan hingga 3x itu pun kadang airnya masih tak terlalu jernih. Dengan Brush Egg saya hanya perlu 2x, yang terakhir pun hanya memastikan saja apakah sudah bersih atau belum.

1. Basahkan kuas dengan air, beri sabun dan lakukan gerakan maju-mundur dan memutar untuk membersihkan seluruh bagian kuas
2. Bilas dengan mengaliri air ke kuas sambil melakukan gerakan yang sama, maju-mundur dan memutar
3. Untuk kuas besar bila masih kurang bersih lakukan 2 langkah di atas sekali lagi
4. Keringkan dengan posisi kuas di bawah atau telentang

Untuk membersihkan spons, di sini saya menggunakan beauty blender, saya menggunakan paduan oil makeup remover dan facial wash. 
1. Beri oil makeup remover dan peras hingga seluruh bagian spons terkena oil dan sisa makeup di dalamnya melunak
2. Bilas dengan facial wash untuk membersihkan minyak dan sisa makeup yang ada di dalam spons. Pastikan hingga spons bersih
3. Keringkan air dengan tissue atau handuk 
4. Jemur

Brush Egg beli di belanjamimo.com Rp 50.000

(+)
Kecil mudah di simpan
Ada tempat jari untuk menjaga posisi agar stabil
Lebih cepat bersih dibanding tanpa Brush Egg

(-)
Terlalu kecil untuk kuas-kuas besar
Jenis tekstur alas pembersih hanya 2 macam

Sekian ulasan dan tips yang dapat saya berikan. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa :*

2 comments:

  1. lucuu ya mba bentukny ky telor gitu hihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya anne, gampang disimpen dan udah cukup ngebantu

      Delete