Friday, January 22, 2016

Yang Perlu Diketahui Sebelum Belanja Online dari Luar Negeri

Jadi begini, ceritanya awal tahun lalu saya mencoba beli barang dari eBay. Saya beli deodorant merek ROC Keops. Sepele ya haha. Tadinya sih saya tidak kepikiran buat beli online sampai cari di eBay segala. Hanya saja teman dan kakak saya pada cerita kalau ROC Keops udah tidak ada lagi yang jual. Agak panik juga sih soalnya mereka udah cocok dengan deodorant rekomendasi saya ini. Cari tahu di salah satu forum ternyata ROC ini ditarik peredaran di daerah Asia Tenggara kalau tidak salah. Maklum ya saya udah lupa detilnya. Akhirnya saya coba beli di eBay deh gara-gara adik saya suka beli macem-macem dari eBay dan alhamdulillah semua barangnya selamat sampai rumah via Pak Pos. 

B80IeCECAAEcsap
sumber: Perahu Merah
Saya beli 3 buah ROC Keops seharga 38 dolar. Soalnya saya udah ngitung, untuk saya, kakak saya, dan mungkin temen saya juga minat. Akhirnya klik-klik-klik transaksi kelar dan barang dikirim. Saya tinggal nunggu barang sampai.

Sampai sore hari saya dapat surat cinta dari Bea Cukai Pasar Baru kalau barang saya ini harus dilengkapi dengan persyaratan Ijin SAS (spesial Access Scheme) dari BPOM sesuai Perka No. 39 Tahun 2013 R/ 12798
Saya tidak langsung datang, tapi menelepon dulu nomor yang tercantum di surat, yaitu nomor bea cukai dan BPOM. Biar tahu duduk masalah paket ini dan kira-kira apa yang bisa saya lakukan selanjutnya. Dari telepon tersebut saya mengetahui kalau barang saya termasuk kategori kosmetik. Kosmetik tidak boleh masuk indonesia karena tidak akan dikeluarkan ijin SAS-nya untuk pemakaian pribadi. Sedikit atau banyak sama, kecuali sudah memiliki ijin impor dan ijin edar. 

surat cinta dari bea cukai :*~

Karena saya tipe yang sebisa mungkin ikut peraturan yang ada saya datang ke Bea Cukai Pasar Baru, satu gedung dengan Gedung Pos Pasar Baru yang di depan Lapangan Banteng. Walaupun sudah mikir, pahitnya saya tidak bisa membawa pulang paket saya, setidaknya saya sudah berusaha ingin tahu prosedur yang berlaku dan menaatinya. Saya sampai sekitar pukul 11, dan langsung ke bagian bea cukai. Lupa lantai berapa kalau ga salah lantai 4. Setelah ngasih surat panggilan, ambil antrian, nunggu dan kepotong waktu istirahat deh. Sambil waktu istirahat ini saya ngobrol-ngobrol dengan orang-orang yang dapat surat panggilan juga. Ternyata banyak lho dari kita yang belum tahu peraturan yang berlaku di Indonesia. Belanja dari luar negeri bukan hanya sekedar klik-klik-klik. Tapi selanjutnya apakah paket kita boleh masuk? apakah sudah memenuhi syarat dari bea cukai? atau malah melanggar Undang-Undang?



Ada bapak-bapak yang menyempatkan diri untuk datang karena memesan produk dalam jumlah banyak, di sini ternyata ia harus punya ijin edar untuk mengambil produknya. Padahal beliau beli dalam jumlah banyak karena diskon yang lumayan. Dan kamu harus tahu memiliki ijin impor dan edar itu tidak mudah, apalagi kalau urusannya hanya untuk pemakaian pribadi. Tidak sebanding dengan usaha yang kamu keluarkan. Atau ada juga yang harus melalui pemeriksaan BPOM seperti obat tradisional. Ibu-ibu di depan saya beli ekstrak kulit manggis berbagai merek dari luar negeri. Tiap produknya harus diperiksa BPOM dengan mengeluarkan Rp 300.000. Mayan yah. Ada juga yang beli suplemen buat otot gandum-gandum gitu. Dia udah beberapa kali beli untuk pakai sendiri dan sampai saat ini sih lolos walaupun pakai pemeriksaan BPOM. Tapi untuk kategori kosmetik tidak ada pengecualian, tidak perlu pemeriksaan sampel ke BPOM segala. Cukup tanda tangan lalu barang dikirim kembali ke negara asal.

Moga adek saya tidak keberatan untuk tambah tenar karena namanya saya pajang

Iya saya datang ke kantor bea cukai cuma buat antre, nunggu, dipanggil, tanda tangan berkas kalau paket tidak dapat masuk Indonesia dan akan dikirim kembali. Pahit. Tapi yasudah untuk saya ini sebuah konsekuensi. Ada pertanyaan juga yang saya ajukan, "no pengiriman kembali ke Hongkong-nya yang mana? Untuk konfirmasi ke seller bahwa barang dikembalikan". Jawabannya, "sama pakai nomor pengiriman yang ke Indonesia". Saya nanya karena berharap duit masih bisa kembali. Sampai rumah saya konfirmasi ke seller di eBay. TERNYATA SELLER-NYA BILANG KALAU PAKAI NO PENGIRIMAN KE INDONESIA YA GA BISA DI-TRACK DI HONGKONG. Sengaja pakai capslock biar heboh aja hihi. Yhaaaaa.. ga balik deh duitnya.

Saat menulis pos ini saya merasa aneh sama tanggal di formulir retur. Tapi lu boleh samain no pengiriman dengan surat cinta dari bea cukai di atas. Di formulir retur kayaknya pakai form baru 2015. Karena saya mengurus paket di bulan Januari 2015. Dan tanggal 27 Oktober ini kayaknya menyesuaikan sama tanggal paket sampai di Indonesia. Semoga saya tidak salah karena sudah lama. Mohon koreksi bila saya salah, atau mungkin mas di kantor kemarin membaca dan mengingat kejadian ini?? Oiya, karena saya beli pakai akun adik jadi pengirimannya pun pakai nama dia. Hanya saja karena saya yang beli jadi lah saya yang urus ini itu menggunakan surat kuasa.   

Saya berharap pos ini bisa menjadi referensi buat yang ingin coba beli impor. Mungkin masih ada yang bisa lolos karena keberuntungan atau satu dan lain hal *wink*. Tapi menurut peraturan yang berlaku kosmetik tidak bisa masuk ke Indonesia. Jadi kalau apes kayak saya ya sudah siap. Dan jangan lupa minta nomor pengiriman balik ke negara asal. Pantang pulang sebelum dapat kalau bisa. Seenggaknya usaha biar duit bisa balik sis. Dan satu lagi sih, saya eneg banget sama salah satu olshop yang bikin postingan marah-marah karena katanya barangnya tidak bisa masuk karena Pak Jokowi. Moga-moga ini bisa jadi ilmu buat mbaknya. Saya tahun 2014 akhir sudah dapet surat cinta dari bea cukai. Mbak olshop marah-marah triwulan terakhir tahun 2015. 

Baca juga pos dari salah satu mbak bea cukai di sini mengenai kosmetik impor lebih jelas.

16 comments:

  1. hahahahaa,
    akhirnya curhatan mu di publish juga mba,
    berguna banget biar gak mendadak dangdut aka shock kalo beli pribadi gak sampe dengan ke rumah, HIksssss~~~~

    #dadah dadah ama 38 dollar :((((

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyak.. pasti kadang tergoda deh kita liat dari luar semua barang kosmetik lebih murah dari olshop kalau beli langsung. tapi etapi cek dulu barangnya bisa masuk ga?

      ada ga sih ujan duit 38 dolar biar balik nih :))

      Delete
  2. Aku belanja desember kemaren dari innisfree, awal desember, dan baru datang hari ini, siang tadi. And you know what, aku belanja kurang dari 50 dollar, tetep kena pajak, alasannya ini itu. Tapi ada surat2nya sih emang, jadi bukan yang asal2an gitu. Mau gak mau mendingan bayar aja, daripada dikirim balik ke innisfree kan syedih bok saiah ya~ uhuhuhu

    Barang kosmetik sekarang memang susah masuk Indonesia, tapi setauku bukan karena bapak presiden deh tapi karena badan pom melarangnya dengan alasan banyak produk gak karuan yang komposisinya bisa saja berbahaya.

    TAPI gak semua lantas gak bisa masuk kok, contoh aku beli urban decay naked 3 dan lainnya, masuk2 aja, dengan bayar pajak tentunya.

    Lalu skincare innisfree masuk lho, padahal skincare termasuk barang yang amat sangat dijaga ketat. Cuma ya memang, rentan waktunya terlalu jauh dari awal desember sampai akhir januari gini baru nyampe, mungkin diteliti dulu atau gimana aku sendiri gak tau deh soal peraturannya

    Intinya sih emang agak ruwet beli dari luar negeri sekarang, kalau mau gak ruwet mendingan nitip saudara yang kebetulan ke negara yang bersangkutan gitu. Gak ada? Titip olshop, mereka punya #cough jalannya #cough XDDD

    Untung2an sih sebenarnya, temen aku belanja dari koreadepart, sampai di Indonesia, eh dikembalikan lagi ke Korea. Sedangkan aku belanja di tempat yang sama itu nyampe dengan selamat, cuma dapat surat cinta aja disuruh bayar 7 ribu buat bayar packing ulang XD

    Sekian curhatanku #duh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya makanya aku jelaskan di atas. sebenernya bukan krn peraturan presiden tapi krn memang dr bpom dan sudah lama itu.

      ikut batuk baca olshop punya jalannya xD. aman sih cari ready stock aja. tp memang ga semua barang ready. klo pajak sih memang ada walau dikit. pak pos tiap ada kiriman dr luar pasti ngasih keterangan untuk bayar pajaknya.

      tapi agak traumatik emang klo kosmetik. untung-untungan ya berarti. bisa lolos, bisa ga. enak ke counter beli pulang. cuma jatuhnya lebih mahal :)) tapi wajar sih ngurus ijin ini itu bikin store dan gaji pegawai kan ga sedikit modalnya

      terima kasih sharingnya yaa :*

      Delete
    2. Udah lama memang peraturannya, tapi gak seketat dulu, dulu tuh selalu ada jalannya, sekarang juga begitu, tapi sekarang lebih ketat lagi hahaha...

      Masalahnya kalau barangnya gak dijual di counter itu yang susah ya, mau gak mau kan harus beli, aku sendiri tipe yang gak rela beli barang yang aslinya 3 dollar kemudian jadi hampir 400 ribu kalau di counter LOL

      Delete
    3. iya sih. tega banget liat harga di counternya *cry*

      Delete
    4. Lucky banget loloss mending bayar pajak drpd di balikin trus duit ga balik tambah nyeredet hati huhuuuuuuu

      Delete
    5. mau tanya dong ka, kenapa bisa belanja di koreadepart terus dibalikin yah? itu biasanya diinfo dulu kan yah sebelum dikrim balik ? uangnya nanti kembali ke kita ga ka? soalnya aku belanja dikoreadepart minngu kemarin jadi takut kenapa2 hehe thank you ka plis bantu dijawab ya

      Delete
  3. salam kenal, ike. kasus yang sama persis menimpa saya juga thn lalu. dan barang yang dibeli juga roc keops.:) no refund juga dari toko di ebay.:( terus, kita bisa beli roc di mana ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo salam kenal juga. Saya belum tahu beli di mana. Soalnya sekarang saya pakai merek lain

      Delete
  4. Hayy alhamdulillah ada pencerahan baca ini .. Saya pecinta kosmetik banget tapi baru kali ini nekad beli langsung d SG via online shop disana karna lg sale juga .. Totalan 1juta.an brand anastasia beverlly hills sama lime crime ada 8pcs .. Dan baru tau kalo udah ada larangan import kosmetik pribadi sejak lama hahhahahahaha .. Nah proses skrg baru sampe indonesia .. Bismillah aja deh bisa lolos karna bukan kosmetik berbahaya hhahaha .. Bapak bea cukai nya minta dibayar ga ya kalo pngn lolos ??????? Hmmmmmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau saya waktu itu ga ada tawaran bayar-bayar. langsung tanda tangan..
      duh.. mudah2an lolos deh ya nangis bombay 1juta klo ga balik

      Delete
  5. palette eyeshadow&blush on berarti masih ada harapan lolos ya secara naked lolos? baru beli 6 palette seharga kira-kira klo dirupiahin 1.9jt. di trackingnya dhl barangnya held on cuatoms per tgl 10 aug '16

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo safira, maaf baru bales . Sudah lolos kah barangnya? Yang saya tahu seluruh produk kosmetik tdk bisa masuk. Kalaupun lolos itu hanya keberuntungan aja

      Delete
  6. Wah masih mending ya mbaknya dapet surat dari bea cukai,saya beli enzim rennet untuk koagulasi keju dari tahun 2010 puluhan kali baik-baik saja dan selalu sampai.

    Tapi mulai tahun kemaren ini ga ada kabar,di tracking pun ngga bisa :( padahal ini mata pencaharian saya.

    Ke kantor pos pun ngga ada kabar. Sedih campur bingung juga,musti cari kerjaan baru,kalo ngga anak ga bisa makan 😢

    ReplyDelete
    Replies
    1. turut sedih dengernya :(
      padahal bukan kosmetik ya. Harusnya masih bisa masuk dengan beberapa tes dari BPOM.. Mungkin harus bikin ijin impor, mungkin.. Semoga ketemu jalan keluar dan sukses selalu usahanya ya

      Delete