Sunday, August 25, 2013

Review: Mustika Ratu Sleepwell Tea


Tampilan dark circle memang mengganggu penampilan. Selain harus pintar menyembunyikannya untuk mendapatkan penampilan yang sempurna, kita juga harus menangani penyebabnya. Salah satunya adalah kurangnya waktu tidur. Bisa disebabkan oleh kualitas atau kuantitasnya.

Salah satu penyebabnya adalah keadaan insomnia. Dalam Wikipedia (eng) Insomnia or sleeplessness is a sleep disorder in which there is an inability to fall asleep or to stay asleep as long as desired /(bahasa) Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Selain disebabkan oleh insomnia terkadang kita terpaksa mengurangi waktu tidur karena beberapa sebab, seperti tugas atau pekerjaan.

Salah satu kiat untuk meringankan gangguan tidur antara lain menciptakan kondisi ideal untuk tidur, seperti menjauhkan distraksi suara, meminimalkan cahaya, menenangkan pikiran, merilekskan tubuh (dengan mandi sebelumnya, meninum susu hangat, mengoleskan krim/ minyak/ essential oil yang memiliki efek menenangkan, dll), dan menjauhkan gadget agar dari jangkauan kita. Mustika Ratu perusahaan kosmetik besar di Indonesia memiliki solusi untuk mengatasi gangguan tidur dengan produk yang bernama Sleepwell Tea.


Sleepwell Tea adalah teh yang terbuat dari 100% bahan alami dari negeri sendiri yang telah diteliti oleh R&D Dept Mustika Ratu dapat meringankan gangguan tidur. Diuji kepada 30 responden dan hasilnya 92% mempercepat kantuk dan 84% merasakan tidur lebih nyenyak.

Khasiat & kegunaan:
Membantu meringankan gangguan sulit tidur.

Komposisi:
Tiap 2g (= 1 tea bag) mengandung:
Myristicae Folium (Daun Pala)
sedatif, penenang
Theae Folium (Daun Teh)
Ekstrak tumbuhan setara:
Myristicae Semen (Biji Pala)
sedatif, penenang
Mimosae Herba (Herba Putri Malu)
sedatif, relaksan dan penenang
Glycyrrhizae Radix (Akar Manis)
wewangian dan rasa manis
Zingiberis Rhizoma (Jahe)
aromatik, rasa pedas/ hangat


Mengapa Mustika Ratu membuat produk ini? Sesuai dengan slogan Mustika Ratu "Cantik Paripurna Tradisi Indonesia" yang mewujudkan kecantikan luar dan dalam secara holistik dengan  salah satunya mengatasi gangguan tidur. Masih banyak yang tidak menyadari pentingnya tidur dengan kualitas yang baik. Karena dampaknya dapat mempengaruhi tubuh kita, seperti psikologis, sistem imun, tekanan darah, resiko penyakit jantung dan diabetes serta obesitas.

Gue sendiri adalah orang yang termasuk sulit tidur malam beberapa lama ini. Seringnya baru bisa tidur setelah lewat jam 12 malam. Bahkan gue sempat mengalami insomnia di ramadhan tahun lalu. Sebenernya udah beberapa kali ngelihat Sleepwell Tea di kosmetikcantik.com dan pasar swalayan tapi baru di event Mustika Ratu "The Beauty Statement" gue diperkenalkan dengan Sleepwell Tea. Rasanya pengen cepet nyoba hahaha. Tapi karena hanya dapat sample yang berisi 2 kantung jadi gue manfaatkan di kondisi yang memang bener-benar pas.


Sleepwell Tea memiliki kemasan dengan perpaduan warna ungu dan hijau. Saat dibuka kemasan sample terdapat 2 kantung teh yang dikemas rapi masing-masing kantung tehnya. Kalau ada yang pernah mencoba teh dari Mustika Ratu pasti tahu semua tehnya dikemas dengan bentuk yang sama. Keuntungan dari kemasan seperti ini adalah kalau mau dibawa-bawa tinggal ambil kemudian simpan di tempat kering tanpa takut kantung teh robek. Selain itu wangi dari teh tersebut juga lebih awet selama belum dibuka kemasan kertasnya. Hati-hati saat membuka kemasan karena kita harus merobek sedikit sisa kertas yang masih menempel karena bagian tutup dari kantung kertas tersebut adalah pegangan kantung tehnya. Kesan pertama mencium bau tehnya jujur agak menyengat dan gue kurang suka -tapi berbeda saat menikmatinya.



Setelah itu masukan 1 kantung teh ke dalam gelas berisi air panas (disini gue menggunakan air kurang lebih 200 cc). Kemudian diminum 1/2 - 1 jam sebelum tidur. Saat diseduh ada perbedaan wangi dengan pertama kali yang gue cium saat membuka kemasan plastiknya. Pas diseduh wanginya enak dan segar. Karena sebelumnya sudah diterangkan komposisinya dan bisa dibilang ini teh chamomile-nya Indonesia, gue minum ga pakai gula. Kesan yang gue dapat saat meminum Sleepwell Tea,
  • Wanginya segar
  • Ada sedikit rasa manis 
  • Ada rasa dingin (seperti mint) yang bikin tubuh terasa rileks

Efek setelah meminum Sleepwell Tea yang pertama kali masih belum keliatan khasiatnya. Itu gue minum saat malam hari sekitar jam 10. Mungkin memang ga sesuai dengan jam biologis gue tidur dan mungkin ada faktor lain yang tidak disadari. Yang kedua gue minum siang hari di saat gue sakit kepala tapi ga bisa tidur karena pilek dan sinus kambuh. Akhirnya gue putuskan untuk meminum yang hangat dan bikin ngantuk. Dan kali ini gue sukses terlelap nyenyak dan saat bangun badan terasa segar - di sini gue tidur sekitar 2 jam.

Untuk rasa bisa dikatakan tergantung selera dan kebiasaan lidah. Untuk gue sendiri selama ini menghindari minuman manis. Jadi kalau dulu punya kebiasaan 3 sdt untuk satu gelas teh, berkurang jadi 2 sdt, sekarang no sugar -sesekali pake gula diet. Dan berdasarkan pengalaman gue minum Mustika Ratu Tox Tea atau Slimming Tea, teh tersebut lebih enak pakai gula diet dibandingkan pakai gula pasir. Walaupun gula pasirnya sedikit 1 sdt tapi rasanya menurut gue agak 'kacau'. Kalau pakai gula diet antara aroma teh dan gulanya lebih seimbang. Bedanya, kalau Sleepwell Tea ini dasarnya lebih manis dibandingkan dengan Tox Tea atau Slimming Tea. Tapi balik lagi tergantung kebiasaan & lidah yang ngetes.

Mengenai mirip teh chamomile/camomile hal ini diungkapkan saat di event Mustika Ratu "The Beauty Statement". Gue sendiri kayaknya ga tahu rasa chamomile dan terpaksa harus nyoba untuk membandingkannya. Untuk teh chamomile yang gue coba di J.Co dan mungkin saja ada perbedaan kalau gue mencobanya di tempat teh lainnya. Kesan gue hampir sama dengan Sleepwell Tea; wanginya segar dan ada rasa mint tapi Sleepwell Tea sedikit lebih manis, lebih terasa 'semriwing'nya dan enak.

Pro:

  • Mudah didapatkan.
  • Harganya murah Rp 25.000.
  • Rasanya segar, membuat tubuh rileks.
  • Tidur lebih nyenyak.
  • Halal

Kontra:

  • Sejauh ini tidak ada. 

Karena gue hanya memiliki 2 kantung teh tersebut dengan hasil yang berbeda maka gue simpulkan gue harus beli lagi 1 dus haha.

Dengan tidur yang cukup badan lebih bugar penampilan semakin segar! :D

Don't forget to join Mustika Ratu Sleepwell Tea Review Competition (blog competition) and winning the surprise gift from Mustika Ratu.

2 comments:

  1. waaahh akhirnya direpiew jg :D aku jg pengen mba minum teh ini, tp kudu nabung dulu >.< hihi iyaa aq jg klo minum teh ga suka yg manis", biasany klo gula paling 1 sdm ceper, iya paling g enak kalo insomnia, aq klo liburan ni jg suka tidur di atas jam 11 *main game soalnya xD , wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya karena kebiasaan juga jadi biasa aja kalau ga manis tehnya. Haha kalau udah ngegame suka lupa ya :D

      Delete