Saturday, June 15, 2013

DIY: Payet Pertama (Sequins)


Karena sering mampir ke blogger-blogger yang kreatif bikin ini itu akhirnya bikin aku juga ikutan kreatif :)) Dan ini adalah DIY payet kebaya dan hiasan jilbab. Lumayan lah ya untuk pemula hihihi.

Awalnya aku minta bahan sisa untuk aku cari jilbab dengan warna yang persis sama atau aku jadikan aja bahan sisa untuk variasi jilbabnya. Tapi karena baju yang aku gunakan ternyata menggunakan banyak bahan, sisa bahan juga tidak beraturan dan aku pun kepepet waktu kalau mau cari jilbab lagi dengan warna yang sama dengan bahan sisa, Akhirnya aku putuskan untuk siap-siap saja membuat hiasan jilbab. Minimal ada warna yang bikin aku matching sama warna kebayanya.


Setelah aku jahit antar sisinya dengan jahitan jelujur kemudian aku tarik hingga jadi kriwil seperti ini. Nah karena aku ga ada alat yang akan jadi alas penempelnya aku pun membentuk dengan menjahitnya di pita. Karena pita ini lemas alhasil jahitanku ga bisa lurus. Tapi aku masih nyari akal biar jadinya rapi dan kaku, yaitu dengan menggunakan lem UHU. Setelah dioleskan biarkan lem setengah kering kemudian tempelkan bagian pita yang akan jadi penutup sisi belakang. Jadi deh :)



Besoknya aku baru bisa ambil kebaya yang akan aku pakai karena kebaya tersebut baru jadi. Karena penjahitnya sudah lama aku kenal, aku pun nanya kira-kira kalau mau beli payet di daerah Ciledug dimana? Eh malah dikasih payet punya ibu penjahitnya. Aku juga diajarin menggunakan payetnya bagaimana. Yang biru kehijauan karena ukurannya lebih besar, kemudian yang pink lebih kecil lalu ditutup dengan mote biar dari jauh ada kesan 'cling'. Ah.. baiklah aku ikutin saran ibunya. Karena aku juga tidak mau terlalu heboh dan payet ini hanya bertujuan biar keliatan 'cling' aja jadi aku sebar pemasangannya. Gimana?







Ga hanya sampai di situ. Aku juga baru tahu kalau bikin payet itu nagih! Masih ada satu hari kosong sebelum kebaya seragam nikahan sahabat akan dipakai. Tadinya bagian kebaya yang dibordir itu mau dipayet sama penjahitnya, tapi karena waktunya sempit akhirnya kebaya ku ga jadi dipayet. Awalnya aku pikir tidak masalah kalau kebaya tersebut tanpa payetan. Tapi ternyata tangan ku masih penasaran banget untuk nyoba masang payet. Gateeeeel banget mau nyoba hahaha. Akhirnya setelah aku perkirakan paduan payet di setiap titiknya aku pun berani memasang payet tersebut. Aku puas sama hasilnya, seneng banget. Karena ini hasil aku masang payet pertama kali. Yeay!



Dan sekarang bawaannya jadi pengen pergi ke Mayestik dan borong payet buat baju-baju yang masih polos lol.

PS: Mohon maaf ga ada step by stepnya. Karena masih baru jadi ga kepikiran bakal bikin pos :D

18 comments:

  1. aku juga pernah bikin payet buat baju penari dayak kak, sampe mata jereng bikinnya
    tapi beneran nagih, pengen bikin terus ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata efek nagih bukan cuma aku sendiri yang ngalamin ya XD

      Delete
  2. Kreatif banget mba ^_^
    Bagus hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Luci :D
      Ini kere-atif. Alias kepepet kreatifnya hehe

      Delete
  3. wahhh cakep bikinannya *jd byangin mbak ikey yg make .. fotd pake ini doong xD sp tw bs jd inspirasi buat jilbab ke acara :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar aku pos deh, padahal ada gitu posnya. Tapi aku masih belum pinter bikin jilbab untuk acara, jd ga pede :s

      Delete
  4. Coba dipakai ya... hehehe pasti cantik.. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe makasih. Terima kasih ya mba sudah mampir :)

      Delete
  5. ditunggu postingannya mba, pengen liat aksesoris jilbabnya pas dipake pasti cantipp :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sippo :)
      Semoga ga kecewa karena diluar dugaan hihihi

      Delete
  6. ide baguss makkkk,, pengen bikin terinspirasi dr muuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kagak kebalik mba? Biasanya kita yang terinspirasi XD

      Delete
  7. Beautiful!!!!
    I follow you by Bloglovin too! I'm very happy if you do the same.
    Have a good week! my g+ and like in bloglovin for your post!!!:)))

    Besos, desde España, Marcela♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you Marcela. I follow you by bloglovin too.

      Delete
  8. Bagusss... jadi inget perjuangan setahun lalu pas nikahan adekku, mayetin baju nikah, bajuku sendiri sebagai kakak manten dan baju ibu.. trus bikin bros buat among tamu dan panitia lain. Nagiiihh bangettt.. :D

    ayo bikin ootd pake kebaya ini mbaakk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaaaah itu ribet-ribet tapi puas kayaknya ya sama hasilnya :D
      Nanti aku pos, tunggu yakk

      Delete