Thursday, June 13, 2013

Apakah Body Lotion Efektif dalam Merawat Kulit?

Setelah pos tentang produk pemutih aku tertarik untuk share penggunaan body lotion. Beauty blogger pasti ga pernah absen deh untuk menggunakan body lotion. Dari teracun antar beauty blogger atau teracun iklan. Ambil umumnya deh, iklan body lotion ini memang menggiurkan. Bisa bikin halus, lembut, putih, lebih cerah, ternutrisi bla bla bla.. Intinya banyak banget manfaatnya. Tapi, benar efektif ga? Jangan-jangan hanya sekedar iklan?

Ga semua orang cocok dengan hanya sekedar body lotion atau body butter karena memiliki tipe kulit super kering. Ada juga yang memiliki kulit sensitif dan ga bisa asal pakai body lotion karena ga cocok. Beruntung lah aku memiliki tipe kulit normal sehingga ga perlu terlalu repot, cukup dengan body lotion. Body lotion, body butter dan minyak zaitun, kelapa atau essential oil lainnya bisa jadi pilihan kamu untuk merawat kulit.


Di pos ini aku akan cerita pengalaman aku menggunakan body lotion sejak jadi rajin pakai body lotion. Biar yang belum rajin jadi ikutan rajin. Makanya haul aku ga jauh-jauh sama body lotion atau body butter soalnya aku suka banget pakai produk tersebut. Karena aku memang sudah merasakan efeknya :)

Awalnya mama ku selalu cerita kalau tetangga-tetangga ku yang banyak berprofesi pramugari senior ini suka banget beli body lotion yang 1 liter di luar negeri. Saat itu ketersediaan produk di Indonesia memang masih terbatas. Jadi tetangga-tetangga suka pada nitip. Dan mama ku ini seneng banget kalau ngeliat tante pramugari yang kulitnya masih halus dan keliatan terawat. Memang untuk pekerjaan seperti pramugari dituntut untuk menggunaan pelembab kulit karena terpapar udara AC yang lama kelamaan bisa bikin kulit kering selain juga dituntut untuk selalu tampil cantik. Saat itu produk favoritnya Vaseline dan karena dulu aku ini pernah ikut ekskul yang kerjaannya jemur badan di lapangan, cuek sama masalah kulit sampai aku pun ga ambil pusing kalau kulit aku di gosok dengan kuku itu jadi putih-putih hahaha. Itu saat aku SMA kelas dua kalau ga salah. Akhirnya aku mulai coba pakai body lotion, tapi pakainya jarang-jarang kalau inget aja.

Ada yang merubah level kerajinan aku pakai body lotion, yaitu keponakan. Tahu dong kalau bayi itu kulitnya halus, lembut dan kenyal. Tapi kakak ku rajin banget kasih body lotion Johnson & Johnson ke anaknya setelah habis mandi sejak lahir. Katanya biar kulitnya bagus. Tapi bener lho kalau body lotion yang dikasih ke anaknya yang masih bayi itu bikin kulitnya tambah halus, tambah lembut dan tambah kenyal! Kalau megang kulit keponakan aku ini beda banget sama bayi lainnya di umur yang sama. Kulitnya jauh lebih bagus! Semenjak itu aku juga ikutan rajin karena buktinya ada di depan mata.

Lotion yang pertama aku pakai pas awal-awal mau rajin (tahun 2005) adalah Vaselin Aloe Vera. Kenapa? Wanginya enak, rasanya adem dan harganya juga oke.  Botol pertama habis, perubahan belum signifikan tapi bekas goresan putih di kulit sudah ga ada. Dari awal pakai aku pakai ga cuma di tangan dan kaki tapi di seluruh badan. Biar ga keliatan tapi jangan sampai timpang. Lagi pula tulisannya pun 'Hand & Body Lotion' jadi sah toh kalau dipakai di seluruh badan? Alasan lainnya karena seluruh kulit beregenerasi dan aku ingin seluruh kulit aku jadi lebih bagus. Apalagi aku orangnya gampang gemuk, jadi salah satu cara untuk mengurangi terjadinya stretch mark ya dengan memberikan kelembaban yang cukup.

Botol kedua aku pakai Vaseline Whitening. Masih semangat banget deh pakai produk yang ada tulisan whitening, namanya juga ABG. Kesan saat itu ga seencer Aloe Vera, wanginya juga lebih aneh dan pas dioles ke kulit terasa cekit-cekit kayak dibleaching. Aku pakai produk ini lumayan lama sekitar 3 botol hingga memang terlihat hasilnya, kulit lebih cerah. Setelah itu aku pakai body lotion Vaseline seri apa pun untuk coba-coba.

Waktu berlalu, harga-harga body lotion juga ikut naik. Mana aku ga bisa irit untuk pakai body lotion. Akhirnya aku pindah ke produk dalam negeri, Citra Whitening. Mengingat kulit ku juga ga kuning langsat jadi ga cocok kalau pakai yang Citra klasik. Biar aja deh lebih murah, yang penting pakai body lotionnya ga absen dan ga perlu irit karena kulit aku memang membutuhkannya. Setelah 2 tahun pemakaian, saat itu aku udah mulai kuliah. Baru deh keliatan jelas banget perbedaannya. Aku ingat banget saat itu adalah kulit paling putih yang pernah aku miliki dari lahir hingga saat itu. Soalnya aku adalah anak perempuan dengan kulit paling gelap di rumah. Jadi pas punya kulit lebih putih kaget haha.

Semenjak itu aku seneng banget pakai body lotion. Benar-benar sudah jadi rutinitas setelah mandi untuk pakai body lotion. Karena penyerapannya akan lebih baik saat itu karena pori-pori terbuka dan sesudah pemakaian juga tidak meninggalkan kesan berminyak atau lengket. Sekarang, aku sudah ga berpikir untuk untuk pakai yang bikin putih atau cerah karena goal-nya adalah punya kulit terawat sampai tua :D

Dibalik kisah ini dulu aku juga takut-takut karena ada beberapa kabar yang berhubungan dengan penggunaan body lotion. Salah satunya adalah body lotion bikin bulu lebih lebat! Nah, berdasarkan pengalaman aku dan beberapa orang yang aku kenal. Bulu halus yang kita miliki ini sebenarnya tidak bertambah panjang atau lebat. Sesuai dengan keadaan awal. Tetapi karena kulit kita lebih cerah, kesan bulu tersebut lebih muncul karena bulu memiliki warna lebih gelap. Jadi yang sebelumnya bulu bersembunyi di balik warna kulit sekarang jadi lebih tampak. Tapi yaaaa bulu-bulu itu kelihatan dengan pandangan zoom alias kalau kita deketin banget (sampai jarak pandang 10 cm). Padahal kalau dari jauh tetap lah kecerahan kulit kita yang tampak. Lagi pula siapa yang akan merhatiin bulu kamu dari jarak 10cm ?

Dan pernah juga sih ketemu body lotion yang ga cocok. Kayak Nivea karena wanginya aku kurang suka. Dan Marina karena kurang lembab dan efeknya kurang nendang di aku. Tapi ya itu kan cocok-cocokan. Sedangkan kenapa aku pilih The Body Shop untuk sekarang? Karena aku selalu beli saat diskon 50%. Dan aku ga peduli seri yang mana, nutty fruity atau fragrance. Asal wanginya masih match sama aku, bukan favorit (Dreams Unlimited) ya ga masalah. Yang pasti kelembabannya OK, cocok di kantong (ini saat diskon lho ya :)) ), lebih wangi, ditambah lagi biasanya aku pakai samaan dengan shower gel-nya (untuk seri fragrance biasanya pas diskon gede-gedean tersedia 1 seri dari shower gel, body lotion dan body butter).

Udah ngomong panjang lebar tentang body lotion tapi belum kasih tahu waktu terbaik menggunakan body lotion? Setelah mandi, saat keadaan kulit setengah kering. Dimana pori-pori terbuka dan ini memudahkan penyerapan body lotion. Jadi lebih cepat menyerap dan tidak meninggalkan rasa lengket. Sedangkan untuk malam hari sah saja bila ingin menggunakan body lotion atau minyak-minyakan. Apalagi kalau tidur di AC yang memang membuat kulit kering, perlu menggunakan body lotion untuk menjaga kelembaban.

Sekian pos yang khusus dibuat biar yang belum semangat pakai body lotion jadi tambah semangat. Karena apa? Karena usaha kamu untuk ga lupa menggunakan body lotion, body butter atau essential oil ke kulit mu itu ga akan sia-sia kok! :)

Kamu juga bisa share pengalaman kamu di kolom komentar, atau boleh juga ikutan bikin pos dan link nya taruh di kolom komentar. Biar apa? Biar tambah semangat menggunakannya! Yeay!

Nah untuk melengkapi kulit kamu yang cantik aku mau kasih tahu kalau sekarang ini ada yang namanya Dskon.com. Sebuah portal belanja online terbesar di Indonesia! Jadi Dskon ini mengumpulkan seluruh penawaran terbaik dari berbagai merk lokal dan internasional. Dskon mengkategorikan toko online seuai dengan produk yang tersedia. Dan ini mempermudah kita untuk berbelanja sesuai dengan apa yang kita cari. Jadi kelebihannya lagi kamu bisa beli produk yang kamu suka dengan harga yang murah. Enak kan?


Tentunya beauties bakal betah di bagian Health & Beauty karena banyak tersedia banyak toko online yang akan menyediakan kebutuhan kita. Tidak hanya itu dari voucher diskon, tiket pesawat, dan berbagai produk kecantikan, fashion, wisata dan banyak lagi. Lengkap! Apalagi aku masih punya voucher diskon Zalora, kayaknya harus aku manfaatkan nih :D

Berbagai toko online fashion.


Urban Outfitter.


Toko online untuk melengkapi rencana wisata. Yippie!



Dan serunya lagi kamu bisa mendapatkan tips & trend yang lagi hip di tab blog dari featured blogger. Masih penasaran sama Dskon? Cek websitenya dan kamu bisa dapat info lebih banyak lagi :)

PS: Blog ini sudah ada di list Indonesian Beauty Blogger lho :)

16 comments:

  1. misii numpang cerita hihihihi x))

    xD kalo buat ngelembabin kulit badan, aku lebih suka pake minyak-minyakan xD daan kalo buat ngehalusin tangan aku pake cussons baby cream yang pink, dijadiin hand cream gituu :D

    trus... kalo untuk mencerahkan kulit yang paling bagus di aku itu hand and body lotionnya ponds :D wanginya juga enak... waktu sma aku pake itu, cuma sekarang gatau kenapa udh discontinue :( padahal itu body lotion yang cocok banget di aku hiks

    waaaa ngomong-ngomong, citra body lotion beneran bikin makin buluan ga sih? :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Citra body lotion ga bikin bulan kok. Kalaupun terlihat buluan itu krn kulit yang menggunakan jadi lebih cerah, jd bulu-bulu halusnya lebih kelihatan :)

      Hihi, kalau aku belum pernah pakai minyak-minyakan karena ga tahan baunya. Kulit ku juga ga kering soalnya.

      Delete
    2. wah iya mbak setahuku rumor nya citra bikin buluan *kata temenku yg make dy komplain gara" bulunya numbuh lebat smnjk make citra tp kulitny jadi halus
      aq sih rada bingung aja dengernya (rada g mungkin soalny)xD

      favoritku dari dulu skinfood, itu malemnya aku pake kulit bersisikku langsung ilang n kinclong ampe besok malemny lagi *awed banget kinclongnya, bahkan bs nyembuhin tanganku yang rusak gara" nyuci piring (kmbli halus lg n g pecah") ngalahin si body butter TBS aku ampe heran kok bs skinfood yg lbh murah bs ngalahin TBS utk masalah kulit, tp klo utk wanginya emg TBS jagoannya xD

      Delete
    3. Setiap produk punya formula yang berbeda soalnya Shani, jadi mungkin aja hal itu terjadi walaupun harga TBS yang lebih mahal 'seharusnya' lebih bagus. Tapi kan setiap orang punya sensitifitas yang berbeda.

      Btw, kayaknya kamu alergi sama detergen pencuci piring ya?

      Delete
    4. kayaknya iy kali ya, biasanya yg bikin rusak tanganku tuh ya si sabun colek yg murah ituu...

      Delete
  2. Terima kasih infonya gan.
    Lumayan buat nambah wawasan.

    Gema Parfum
    The Body Shop Parfum.

    ----------

    ReplyDelete
  3. Kalo aku pake nivea uv whitening serum. Baru dua kali pake terasa bgt cerahnya. Tp ko bulu terasa lebih panjang.. Entah mungkin karna lebih cerah ya... *serbasalah jadi pengen waxing nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hallo, aku pake Nivea night whitening body serum juga, dan sama baru pake 2x kerasa cerah tapi gatau ini perasaan aja atau gimana,bulu kaki dan tanganku juga keliatan makin panjang.___. senasib nih kita, ahaha.

      Delete
    2. Haloo juga tkislamdzikrullah & Novi. Sejauh ini di aku untuk bulu di tangan dan kaki tidak mengganggu. mudah-mudahan hanya perasaan saja ya. Masih takut juga kalau untuk waxing. Takut tumbuhnya nanti tidak sesuai harapan hihi.

      Delete
  4. nice nih buat nambah ilmu, ak masih cobak buat memutihkan ketiak dan berhasil pakek cara alami :)

    ReplyDelete
  5. iya apalagi putih terbebas dari <a href="http://www.mitrakosmetik.com/mau-waxing-tapi-takut-bahan-kimia-pakai-obat-perontok-bulu-ini-yuk.html>bulu</a> :3

    ReplyDelete
  6. hemm.,.sepertinya banyak teman2 yg beranggapan kalau banyak body lotion yg bikin bulu tambah panjang nih.,.hehe
    ya saya kalau masalah apakah body lotion bner2 bisa nyebabin bulu lebih panjang atau tidakny, belum tau penjelasan pastinya sih, tp sy lebih pro ke yg "body lotion tidak menyebabkan panjang bulu bertambah ataupun makin lebat". soalnya temen2, saya ada bukti yang bisa dibilang mendukung, eh sekedar share cerita aja, yaitu ibu saya sendiri, beliau sejak remaja usia 13 tahun sudah menggunakan produk citra yg body lotion, sampe sekarang.,.ingat sampe sekarang ibu saya sudah berumur 46 tahun, nah lumayan lama tuh kan, sampe ibu saya hampir hafal semua perubahan kemasan citra body lotion dari waktu ke waktu, hehe,., nyatanya kulit beliau tetap halus dan biasa2 sja tanpa bulu2 panjang hitam yang mengganggu penampilan. Kalau menurut saya pertumbuhhan bulu kan juga dipengaruhi faktor hormonal dan keturunan, #bener gak sih ??? hehe :D . selain itu juga kenapa banyak wanita yang merasa kalau buluny lebih panjang semenjak menggunakan hand body lotion itu juga karena faktor persepsi seperti demikian yang sudah tertanam cukup kuat dipikiran wanita2, jadi seperti semacam sugesti gitu, kalau menurut saya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru balas. saya juga setuju kalau sebenarnya faktor sugesti mungkin memegang peranan besar pada anggapan ini hehe. karena kalaupun dianggap panjang hanya saat itu saja dan selanjutnya ga tambah gondrong kan? hihi

      Delete
  7. mw tnyk lw handbody emeron loveli..itu manjangin bulu tangan n kaki gc

    ReplyDelete