Monday, March 25, 2013

How I Clean My Make Up Brush

Post terakhir yang saya janjikan tentang membersihkan kuas. Agak mepet ke tanggal akhir bulan karena saya harus menunggu 1 bulan ini untuk membersihkan kuas. Soalnya belakangan ini saya jarang sekali menggunakan make up untuk foto-foto narsis yang dimuat di blog ini karena saya mengalami pembengkakan yang luar biasa post operasi ekstraksi M3. Sampai sekarang walau sudah tampak normal tapi kalau lihat saya berbicara masih terlihat ada gerakan pipi yang tidak simetris.



Oke, sebelum membuat blogpost ini saya sudah beberapa kali mencari referensi cara untuk membersihkan kuas make up. Hampir setiap post hampir memiliki prinsip yang sama, yaitu mencuci dan kemudian memberikan disinfektan. Namun tetap dengan cara dan larutan yang dibuat berdasarkan keyakinan dan kepercayaan masing-masing lol. Berikut ini cara membersihkan kuas versi Ike dengan barang-barang yang mudah didapat :)



  1. Sunlight. Percaya atau tidak kuas yang nampaknya sudah bersih ternyata masih menyimpan make up. Mengapa saya 'tega' mencucinya dengan larutan ini? Karena ini adalah satu-satunya larutan yang saya percaya bisa membersihkan kotoran membandel yang tidak hilang dengan larutan pencuci lainnya.
  2. The Body Shop Rainforest Shampoo Shine. Tidak ada alasan khusus, hanya shampoo ini yang saya punya.
  3. The Body Shop Rainforest Conditioner Balance. Agar bulu-bulu kuas tetap halus.
  4. Bayclin & Air dengan perbandingan 1:9. Sebagai desinfektan .
  5. Alkohol. Sebagai desinfektan.

Saya juga menggunakan pisau puding yang bergelombang untuk menjadi papan saat membersihkan kuas make up. Sebenarnya saya terinspirasi saat melihat alat papan untuk membersihkan kuas make up yang dijual oleh Sigma. Karena saya belum punya saya mencari alat yang kurang lebih mirip :D

Setelah itu jemur kuas dengan alas tisu di tempat yang disinari matahari langsung agar cepat kering. Tisu ini berfungsi untuk menyerap air yang ada di kuas. Dan akan cepat kering karena terkena matahari sehingga menyerap sisa air yang masih berada di kuas.


Untuk kuas make up yang saya gunakan memang bukan yang bermerek mahal namun halus dan kuat. Sudah saya cuci beberapa kali (4x) tetap dengan larutan seperti ini tetap dalam kondisi yang baik, halus dan tidak rontok. Maka saya memberanikan diri untuk membaginya di pos ini. Berikut foto hasilnya, mohon maaf bila terdapat perbedaan cahaya karena saat saya foto untuk setelahnya langit sudah gelap dan dengan pintarnya saya menghalangi sumber cahaya.














Begitulah cara membersihkan kuas dan spons yang biasa saya lakukan dan semoga bermanfaat :)

10 comments:

  1. Salam, Ike.. semoga lekas sembuh yaa :)
    Hampir mirip ramuannya. kalo aku biasa cuci pakai mama lemon + shampoo + alkohol + olive oil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih ya :)
      aku belum pernah cuci pakai olive oil, pernah baca-baca katanya bagus. mungkin aku harus coba lain kali.

      Delete
  2. aku pernah pake olive oil, TAPI SAYANGNYA kebanyakan , jadinya kuasku berminyak.. :( jadi harus dibilas berkali2 dengan sabun.. kering dibilas llg,, soalnya minyaknya masih nempel di kuas

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata ga boleh banyak-banyak ya pakai olive oil :o

      Delete
    2. ho oh,, pas pake foundie gt.. wajah mendadadak berminyak X_X ga usah banyak2.. secukupnya aja ^^

      Delete
  3. I used google translate, but it's so nice! ^^ I'm very lazy to clean mine, but have to try change ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. This is not the simple one. I try to use make up remover now if need a clean brush but in a hurry :)

      Delete
  4. Klo aku nyucinya Pake cleansing foam anti acne :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya beda-beda tpi intinya sama gimana caranya bersih :)

      Delete
  5. Klo aku nyucinya Pake cleansing foam anti acne :)

    ReplyDelete