Sunday, December 30, 2012

Natural Product for Hair

Berawal dari denger siaran radio @mustang88fm @sigapp88 dimana ada sesi konsultasi dokter KliMon yang bilang Shampoo itu semakin bikin rambut ini dan itu semakin complicated isinya dan semakin ga bagus sebenarnya untuk kita. Kalimat ini membuat gue berpikir dan mencari tahu “kenapa?”.

Baiklah, berikut tulisan gue tentang natural product for your hair yang sebenarnya udah pernah gue tweet secara singkat.

Kebetulan udah sekitar setahun ini gue pakai salah satu produk shampoo berbahan organik dan eco-friendly. Di botolnya tertera tulisan “no silicone, no sulphates, no colorants, no parabens”. Jadi sebenarnya ada apa dengan mereka?


Ternyata, silicone yang memiliki efek bikin rambut keriting jadi mudah diatur atau biki rambut lurus jadi super sleek, ini memiliki efek silicone build up. Dimana silicone ini meng-cover rambut (like a shower cap) dan produk-produk lainnya jadi sulit menyerap karena silicone adalah zat yang tidak larut air. Jadi pakai produk apapun ya sudah ga mempan.

Sulfat membuat air dan shampo/sabun menyatu dan bikin lebih bersih. Tapi tahu ga kalau sulfat juga akan menghilangkan minyak alami di rambut/badan. Dan akhirnya bikin rambut/badan lebih cepat kering. Beberapa studi menyatakan “longterm exposure to sulfates can damaging effects on hair folicles and could contribute to thinning hair”. Shampo pedih di mata ini juga kerjaan sulfat lho.

Paraben terdapat hampir 90% produk perawatan wajah dan kosmetik. Paraben berfungsi untuk mengawetkan produk. Tapi ternyata paraben ini memiliki efek yang buruk karena mempengaruhi sistem endokrin. Di mana paraben mengimitasi hormon esterogen, sehingga jumlahnya seperti meningkat dan hal ini berhubungan dengan kanker payudara. Karena penyerapan parabens melalui kulit ini 10x besar konsentrasinya dari pada per oral.

Untuk pewarna rasanya sudah tahu ya kenapa banyak dihindari.

Jadi kenapa banyak produk yang memakai bahan-bahan yang ga baik ini? karena harganya murah dan mudah didapat!

Sekian penjelasan singkat dan kamu bisa kunjungi sumbernya di:
Shampoo yang gue pakai sekarang:
 

Baca juga ya Natural Product for Hair: Minyak Kemiri

2 comments:

  1. aihh penting banget infonya neh, thanks ya ;)

    ReplyDelete
  2. Setelah baca tentang SLS, paraben, sama silicone aku juga jadi beralih ke Rainforestnya TBS hehe
    Tapi aku pake yang Rainforest Moisture soalnya rambut super duper kering T.T

    ReplyDelete